Laman

Kamis, 13 Juni 2013

WORKSHOP FORMULASI KABUPATEN KARANGANYAR

Meningkatkan Profesionalisme Guru
Menyongsong Kurikulum 2013 Berbasis ICT ”


Dalam rangka pengukuhan kepengurusannya FORMULASI Kabupaten  Karanganyar mengadakan kegiatan workshop dengan tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru  Menyongsong Kurikulum 2013 Berbasis ICT ”.  Workshop bertujuan  (1) Mensosialisasikan dan memberikan pemahaman tentang Kurikulum 2013, (2) Membantu para guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam penguasaan ICT untuk  pembelajaran. (3) Membantu para guru untuk mengembangkan pemanfaatan multimedia pembelajaran berbasis ICT. (4) Memotivasi para guru untuk gemar  mengikuti kompetisi (5) Memfasilitasi para guru dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
Hadir dalam acara tesebut pejabat dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, MKKS, K3S dan Pengawas.
Acara diawali dengan pelantikan calon pengurus FORMULASI Kab. Karanganyar menjadi pengurus masa bakti tahun 2013 sampai dengan 2016 oleh Ketua FORMULASI Propvinsi Jawa Tengah Fauzan A Mahanani, S.Pd.  Selain dikukuhkan para calon pengurus juga diambil sumpahnya.
Susunan pengurus FORMULASI Kabupaten Karanganyar masa bakti 2013 s.d 2016 adalah sebagai berikut :
SUSUNAN PENGURUS FORUM MULTIMEDIA EDUKASI (FORMULASI)
KABUPATEN KARANGANYAR
MASA BHAKTI 2013-2016

Pelindung                      :      Drs. Sri Suranto, M.Pd. (Kepala Dinas Dikpora Kab. Karanganyar)

Penasihat                      :      Agus Hariyanto, S.H., M.M.  ( Sekretaris Dinas Dikpora )
                                             Drs. Heru Sugiyatmo,M.M. (Kabid Dikmen) 
                                             Slamet Wiyadi, B.A., S.I.P., M.Pd. (Kabid Dikdas)

Pembina                       :      Dra. Endang Tri Hardini,M.M. (Kasi SMA)
                                             Drs. Saryono, MT. (Kasi SMK ) 
                                             Drs. Sutrisno, M.Hum. ( Kasi SMP)
                                             Drs. Sutarno, M.Pd. ( Kasi SD )
                                             Drs. Sukarmo, M.Pd. ( unsur Pengawas Sekolah Menengah )
                                             Drs. Aris Munandar, M.Pd. (unsur MKKS SMP )
                                             Drs. Hartono. M.Hum. (unsur MKKS SMA )
                                             Drs. Wahyu Widodo,M.T. (unsur MKKS SMK )
                                             Sudarsono, S.Pd. ( unsur Pengawas TK dan SD  )

Ketua                            :      Ratna Widayat, S.Pd.                 SMPN  2  Jumantono
Sekretaris                     :      Taupik Mulyadi, S.Pd., M.T.       SMAN 2 Karanganyar
Bendahara                    :      1.    Agus Yulianto, S.E.              SMAN 1 Karanganyar
                                             2.    Hidayati, S.Pd                      SMPN 1 Mojogedang

1.         Divisi Program            :            
a.   Dwi Yono, S.Pd.                                                        SMKN 2 Karanganyar
b.   Drs. Joko Sumartono                                                SMPN 1 Mojogedang
c.   Budi Sulistyo, S.Kom                                                SMKN 2 Karanganyar
                                   
2.         Divisi Publikasi dan Kerjama    :                                    
a.   Siti Rukiyah, S.Kom                                                  SMAN 1 Karanganyar
b.   Putriana Mei Wulansari, S.Kom                                SDN 0 2 Gaum
c.   Arief Kurniawan, S.T.                                                SMKN 2 Karanganyar
d.   Eny Haryani, A.Md.                                                   SDN 01 Karangpandan

3.         Divisi Pengembangan Organisasi : 
a.   Supartono, A.Md.                                                      SDN 01 Kaling
b.   Ariezta Rosalina Frimasari, S.T.                               SMAN 2 Karanganyar
c.   Tina Fajrin, S.Kom                                                    SMKN 2 Karanganyar

4.         Divisi Produksi dan Kewirausahaan :  
a.   Ary Astuty Wulandary, S.Si                                      SMPN  2  Tasikmadu
b.   Nur Sahid, S.Kom                                                     SMAN 1 Mojogedang
c.   Tri Mulyani, S.Pd.                                                      SMKN 2 Karanganyar

Ucapan Selamat dari Pejabat Dinas Dikpora Kabupaten Karanganyar

Selanjutnya sebagai pemateri inti adalah Bapak Mampuono, S.Pd., M.Kom. yang menyampaikan materi  TIK untuk pembelajaran. Beliau menekankan pentingnya multimedia pembelajaran berbasis komputer. Karena multimedia pembelajaran tersebut kita dapat :
1.      Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.
2.      Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah, seperti gajah, rumah, gunung, dll.
3.      Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuhmanusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dll.
4.      Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti  bulan, bintang, salju, dll.
5.      Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.
6.      Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
Singkatnya dengan menggunakan MPI pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan bermakna. Siswa dapat melihat sendiri bukti-bukti dari apa yang kita katakan.
Mampuono, M.Kom, Widyaiswara bidang ICT PMP Jawa Tengah selaku nara sumber sedang memberikan motivasi kepada peserta


Mampuono, M.Kom, Widyaiswara bidang ICT PMP Jawa Tengah selaku nara sumber sedang memberikan motivasi kepada peserta


Peserta antusias mengikuti workshop
Beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam membuat multimedia pembelajaran interaktif :
1.      Komputer yang berfungsi untuk mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar serta berinteraksi dengan user
2.      Link, yang menghubungkan user dengan informasi yang ada dalam program multimedia
3.      Alat navigasi, yang berguna u8ntuk memandu user dalam menjelajah informasi
4.      Ruang untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan gagasan user

Selanjutnya multimedia pembelajaran mempunyai karakteristik sebagai berikut:
1.      Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
2.      Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
3.      Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain.
Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya juga memenuhi fungsi sebagaiberikut:
1.      Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
2.    Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
3.      Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.

Acara ditutup dengan membagi hadiah kepada peserta woekshop yang dapat menjawab pertanyaan dari pemateri dan panitia.

FOTO-FOTO KEGIATAN










0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More