“Meningkatkan
Profesionalisme Guru
Menyongsong Kurikulum 2013 Berbasis ICT ”
Dalam
rangka pengukuhan kepengurusannya FORMULASI Kabupaten Karanganyar mengadakan kegiatan workshop
dengan tema “Meningkatkan Profesionalisme
Guru Menyongsong Kurikulum 2013 Berbasis
ICT ”. Workshop bertujuan (1) Mensosialisasikan
dan memberikan pemahaman tentang Kurikulum 2013, (2) Membantu
para guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam penguasaan ICT
untuk pembelajaran. (3) Membantu para
guru untuk mengembangkan pemanfaatan multimedia pembelajaran berbasis ICT.
(4) Memotivasi para guru untuk gemar mengikuti kompetisi (5) Memfasilitasi para
guru dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
Hadir
dalam acara tesebut pejabat dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten
Karanganyar, MKKS, K3S dan Pengawas.
Acara
diawali dengan pelantikan calon pengurus FORMULASI Kab. Karanganyar menjadi
pengurus masa bakti tahun 2013 sampai dengan 2016 oleh Ketua FORMULASI
Propvinsi Jawa Tengah Fauzan A Mahanani, S.Pd.
Selain dikukuhkan para calon pengurus juga diambil sumpahnya.
Susunan
pengurus FORMULASI Kabupaten Karanganyar masa bakti 2013 s.d 2016 adalah
sebagai berikut :
SUSUNAN PENGURUS FORUM MULTIMEDIA EDUKASI
(FORMULASI)
KABUPATEN KARANGANYAR
MASA
BHAKTI 2013-2016
Pelindung : Drs. Sri Suranto, M.Pd. (Kepala Dinas Dikpora Kab. Karanganyar)
Penasihat : Agus Hariyanto, S.H., M.M. ( Sekretaris Dinas Dikpora )
Drs.
Heru Sugiyatmo,M.M. (Kabid Dikmen)
Slamet
Wiyadi, B.A., S.I.P., M.Pd. (Kabid Dikdas)
Pembina : Dra. Endang Tri Hardini,M.M. (Kasi SMA)
Drs.
Saryono, MT. (Kasi SMK )
Drs.
Sutrisno, M.Hum. ( Kasi SMP)
Drs.
Sutarno, M.Pd. ( Kasi SD )
Drs.
Sukarmo, M.Pd. ( unsur Pengawas Sekolah Menengah )
Drs.
Aris Munandar, M.Pd. (unsur MKKS SMP )
Drs.
Hartono. M.Hum. (unsur MKKS SMA )
Drs.
Wahyu Widodo,M.T. (unsur MKKS SMK )
Sudarsono,
S.Pd. ( unsur Pengawas TK dan SD )
Ketua : Ratna Widayat, S.Pd. SMPN 2
Jumantono
Sekretaris : Taupik Mulyadi, S.Pd., M.T. SMAN 2 Karanganyar
Bendahara : 1. Agus
Yulianto, S.E. SMAN 1
Karanganyar
2. Hidayati, S.Pd SMPN 1 Mojogedang
1.
Divisi
Program :
a.
Dwi
Yono, S.Pd. SMKN
2 Karanganyar
b.
Drs.
Joko Sumartono SMPN
1 Mojogedang
c.
Budi
Sulistyo, S.Kom SMKN
2 Karanganyar
2.
Divisi
Publikasi dan Kerjama :
a.
Siti
Rukiyah, S.Kom SMAN
1 Karanganyar
b.
Putriana
Mei Wulansari, S.Kom SDN
0 2 Gaum
c.
Arief
Kurniawan, S.T. SMKN
2 Karanganyar
d.
Eny Haryani, A.Md. SDN
01 Karangpandan
3.
Divisi
Pengembangan Organisasi :
a.
Supartono,
A.Md. SDN
01 Kaling
b.
Ariezta Rosalina Frimasari, S.T. SMAN 2
Karanganyar
c.
Tina
Fajrin, S.Kom SMKN
2 Karanganyar
4.
Divisi
Produksi dan Kewirausahaan :
a.
Ary
Astuty Wulandary, S.Si SMPN 2
Tasikmadu
b.
Nur
Sahid, S.Kom SMAN
1 Mojogedang
c.
Tri Mulyani, S.Pd. SMKN
2 Karanganyar
Ucapan Selamat dari Pejabat Dinas Dikpora Kabupaten Karanganyar |
Selanjutnya
sebagai pemateri inti adalah Bapak Mampuono, S.Pd., M.Kom. yang menyampaikan
materi TIK untuk pembelajaran. Beliau
menekankan pentingnya multimedia pembelajaran berbasis komputer. Karena
multimedia pembelajaran tersebut kita dapat :
1.
Memperbesar
benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri,
elektron dll.
2.
Memperkecil
benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah, seperti
gajah, rumah, gunung, dll.
3.
Menyajikan
benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat,
seperti sistem tubuhmanusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars,
berkembangnya bunga dll.
4.
Menyajikan
benda atau peristiwa yang jauh, seperti
bulan, bintang, salju, dll.
5.
Menyajikan
benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau,
racun, dll.
6.
Meningkatkan
daya tarik dan perhatian siswa.
Singkatnya
dengan menggunakan MPI pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan bermakna.
Siswa dapat melihat sendiri bukti-bukti dari apa yang kita katakan.
Mampuono, M.Kom, Widyaiswara bidang ICT PMP Jawa Tengah selaku nara sumber sedang memberikan motivasi kepada peserta |
|
Peserta antusias mengikuti workshop |
Beberapa
komponen yang perlu diperhatikan dalam membuat multimedia pembelajaran
interaktif :
1.
Komputer
yang berfungsi untuk mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar serta
berinteraksi dengan user
2.
Link,
yang menghubungkan user dengan informasi yang ada dalam program multimedia
3.
Alat
navigasi, yang berguna u8ntuk memandu user dalam menjelajah informasi
4.
Ruang
untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan gagasan user
Selanjutnya
multimedia pembelajaran mempunyai karakteristik sebagai berikut:
1.
Memiliki
lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan
visual.
2.
Bersifat
interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon
pengguna.
3.
Bersifat
mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa
sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain.
Selain
memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya juga
memenuhi fungsi sebagaiberikut:
1.
Mampu
memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
2. Mampu
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya
sendiri.
3.
Memperhatikan
bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
Acara
ditutup dengan membagi hadiah kepada peserta woekshop yang dapat menjawab
pertanyaan dari pemateri dan panitia.
FOTO-FOTO KEGIATAN
0 komentar:
Posting Komentar